Keunggulan Telegram dibandingkan Whatsapp

Medsos 0

Saat ini, ada beragam aplikasi di smartphone yang membantu proses komunikasi seseorang. Aplikasi instan messenger alias aplikasi chatting kini telah menggusur fasilitas Short Message Service (SMS). WhatsApp dan Facebook Messenger menjadi contoh aplikasi chatting yang kerap digunakan.

Tapi selain WhatsApp, ada juga aplikasi chatting bernama Telegram yang punya karakteristik mirip banget dengan WhatsApp. Meski hampir mirip, ternyata tak bayak yang tahu tentang keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp. Berikut 10 keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (5/5).

1. Gratis selamanya.

Telegram adalah aplikasi gratis dan akan terus gratis, tidak akan pernah ada iklan atau biaya lain untuk selamanya. Dulu WhatsApp sempat memberlakukan biaya per tahun, hingga akhirnya WhatsApp benar-benar gratis.

2. Telegram mengirim pesan lebih cepat.

Banyak pengguna yang merasakan jika mengirim pesan via Telegram lebih cepat dibandingkan WhatsApp karena Telegram berbasis cloud. Kamu juga tak perlu khawatir Telegram mengambil ruangan penyimpanan di smartphonemu. Dengan basis cloud dan pilihan manajemen cache, Telegram dapat mengambil hampir nol ruang pada smartphonemu.

3. Telegram lebih ringan dijalankan.

Ukuran aplikasi yang lebih kecil membuat telegram lebih mudah dijalankan. Telegram versi 3.8.1 pada iPhone yang dikeluarkan pada 28 April 2016 memiliki ukuran 33.1 MB. Sedangkan WhatsApp versi 2.16.2 pada iPhone yang dikeluarkan pada 13 April 2016 memiliki ukuran aplikasi 74.5 MB.

4. Telegram dapat diakses pada berbagai perangkat secara bersamaan.

WhatsApp maupun Telegram dapat diakses pada PC atau laptop. Yanga membedakan, menggunakan WhatsApp di PC mengharuskan aplikasi WhatsApp di smartphone tetap aktif. Sedangkan Telegram yang merupakan aplikasi messenger berbasis cloud mempunyai proses sinkronisasi yang mulus. Apabila pengguna sedang menggunakan komputer atau laptop, aplikasi Telegram pada telepon genggam tak perlu aktif sehingga lebih menghemat baterai.

5. Berbagi file dengan ukuran lebih besar.

Telegram lebih dulu memberikan fitur berbagai file. Sementara WhatsApp baru-baru ini ada fitur berkitim file PDF. tak hanya mengirim pesan, foto, dan video, telegram memberikan fitur berkirim file lebih bervariasi, mulai dari doc, zip, mp3, dll. Telegram juga mengizinkan berbagi foto, video, file (doc, zip, mp3, dan lain-lain) dengan ukuran maksimum 1.5 GB per file. Jauh lebih besar dibandingkan WhaWhatsapp yang hanya memberikan ukuran amaksimum 16 MB.

6. Grup yang lebih banyak menampung.

Grup WhatsApp hanya menampung maksimal 256, sudah meningkat dari seblumnya hanya 100 orang. Sementara pada situsnya, Telegram menyebutkan jika grup Telegram bisa menampung anggota grup hingga 5.000 orang. Wow!

7. Fitur Channel pada Telegram.

Proses penyiaran (broadcasting) dilakukan dengan benar menggunakan Channel. Channel dapat menampung jumlah anggota tak terbatas. Whatsapp tidak memiliki fitur untuk menangani penyiaran/broadcasting seperti Telegram.

8. Telegram punya fitur Bot.

Fitur Bot adalah akun yang dijalankan oleh aplikasi (bukan) orang. Bot ini dilengkapi fitur AL (Artificial Intellegence–kecerdasan buatan). Bot dapat melakukan apa saja seperti game, broadcasting dan apa saja aktivitas di internet.

9. Lebih interaktif.

Telegram membuat grup chat lebih hidup dengan fitur Reply, Mentions, Hashtags, dan Forwards. Tak hanya itu, pengguna Telegram jika bisa membuat stiker sendiri.

10. Telegram lebih aman.

Untuk penggunaan biasa, Telegram lebih aman dibandingkan dengan Whatsapp. Telegram juga memiliki fitur secret chat yang jauh lebih aman.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply