SpaceX Produksi Kabel Fiber Optik

Komputer 0

SpaceX kembali berhasil meluncurkan roket ke luar angkasa dalam misi CRS-13 (15/12).

Misi tersebut merupakan salah satu misi “resupply” dari NASA untuk stasiun luar angkasa internasional (ISS). Yang menarik kali ini adalah misi CRS-13 membawa alat khusus untuk membuat kabel fiber optik di lingkungan mikro gravitasi.

Alat yang dibuat oleh Made In Space, Inc. (MIS) tersebut memungkinkan astronot di ISS membuat kabel fiber optik jenis baru bernama ZBLAN. Nantinya astronot juga akan membuat kabel sepanjang kurang lebih 1 kilometer di dalam ISS menggunakan alat khusus tersebut.

Setelah selesai, kabel tersebut akan dikirim kembali ke Bumi dan MIS berencana untuk menguji serta menjual kabel tersebut.

Ini adalah sebuah langkah yang revolusioner karena MIS merupakan perusahaan pertama yang memanfaatkan kondisi luar angkasa untuk memproduksi produk komersil. Jika berhasil, luar angkasa mungkin tidak hanya akan menjadi lokasi untuk mengadakan riset, melainkan juga sebagai kawasan memproduksi produk yang tidak bisa dilakukan di Bumi.

Lalu mengapa harus di luar angkasa?

Menurut Futurism, MIS merupakan perusahaan yang memang fokus bergerak di produksi kabel fiber optik lintas benua. Kabel tersebut saat ini digunakan untuk komunikasi data antar negara dan merupakan penopang sistem komunikasi modern termasuk internet.

Masalahnya adalah kabel fiber optik yang ada saat ini dirasa masih belum cukup untuk menopang kebutuhan konektivitas saat ini.

Sinyal yang dialirkan melalui kabel tersebut masih mudah hilang ketika mencapai jarak tertentu sehingga dibutuhkan alat khusus untuk memperkuat sinyal. Sayangnya, alat tersebut dapat memperbesar latency atau jeda waktu komunikasi data sehingga berpengaruh langsung pada performa.

Setelah diteliti, salah satu penyebab sinyal mudah hilang di kabel fiber optik adalah adanya pengkristalan molekul gelas silika yang merupakan bahan utama kabel tersebut. Pengkristalan terjadi karena pengaruh gravitasi saat produksi dan hal tersebut yang ingin dieliminasi oleh MIS.

Berbeda dengan kabel fiber optik lainnya, ZBLAN diproduksi di luar angkasa yang hampir tidak memiliki gravitasi. Dengan demikian ZBLAN mampu tampil hampir tanpa pengkristalan pada molekul gelas silika yang digunakan.

MIS mengklaim ZBLAN mampu menghadirkan sinyal data hingga 100 kali lebih kuat dan bandwidth yang jauh lebih besar. Jika diterapkan dengan benar, ZBLAN akan membantu mendongkrak kecepatan internet di seluruh dunia.

Tags:
Rate this article!
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply